Ini Tips Hemat Untuk Ibadah Haji Yang Lancar

Haji merupakan ibadah yang sangat diinginkan oleh umat Islam. Ibadah memang dianggap sebagai ibadah yang panjang dan membutuhkan banyak dana. Jadi, Anda harus mendapatkan travel haji yang profesional agar uang yang Anda keluarkan tidak terbuang percuma. Kunjungi website kami Travel Alhijaz Tour untuk mendapatkan biaya haji plus yang handal dan profesional demi kenyamanan perjalanan haji Anda.

Banyak orang yang ingin pergi ke Arab Saudi khususnya di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Namun banyak juga yang terkendala dengan biaya yang juga tidak murah. Namun, jika menabung dengan keyakinan, maka menunaikan haji bukan hanya sekedar mimpi. Ada beberapa tips agar proses menabung bisa Anda jalankan dengan maksimal.

– Pilih agen terbaik
Saat ini sudah banyak agen yang menawarkan harga promosi untuk mempermudah perjalanan ke tanah suci. Namun jangan mudah tergoda terlebih dahulu, Anda harus waspada dan hati-hati. Cari tahu informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, cari tahu juga testimoni para jemaah haji yang diberangkatkan menggunakan biro. Sebaliknya, Anda bertanya kepada kerabat dan teman Anda. Mereka akan bersedia memberi Anda tip dan trik khusus.

– Perhatikan biaya yang harus Anda keluarkan
Jalur haji sendiri terbagi menjadi 2 yaitu reguler dan khusus. Karena harga yang ditawarkan juga jauh berbeda, maka sebaiknya memilih jemaah haji reguler yang lebih terjangkau. Mungkin fasilitasnya tidak semewah haji khusus, dan Anda harus rela berada di sana selama sekitar satu bulan dibandingkan dengan haji khusus 10 hari. Namun, ini cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda selama di sana. Anda yang masih muda harus memiliki fisik yang kuat untuk berjalan jauh dan tinggal di desa orang selama sebulan penuh.

– Memiliki investasi
Selain menabung, Anda bisa menambah pundi-pundi rupiah dengan cara lain. Mulai dari reksa dana hingga investor. Tapi pastikan juga untuk menghitung inflasi. Karena tentunya biaya haji 10 tahun ke depan tidak sama dengan biaya saat ini. Karena itu, baik Anda menginginkan reksa dana atau investasi emas, pastikan properti Anda tidak tergerus inflasi.
Jika Anda ingin aman, Anda dapat menyetor uang Anda saja. Deposito dengan tabungan hampir sama, hanya saja dengan deposito anda tidak bisa mengambil uang sesuka hati. Ada jangka waktu tertentu hingga uang yang Anda setorkan bisa diambil kembali. Biasanya selama 6 bulan, 1 tahun, hingga 2 tahun.

– Komitmen untuk menabung
Menabung adalah hal yang mudah jika Anda memiliki komitmen untuk menjalankannya. Tetapkan jumlah tabungan Anda setiap bulan dan jangan pernah menyimpang dari jumlah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *